Planet “Alien” Berhasil di Potret Secara Langsung?

Sebuah planet Alien yang berasal dari unsur Gas mengorbit bintang berjarak 300 tahun cahaya dari Bumi berhasil dipotret secara langsung. Menurut berita yang saya baca di kompas.com, planet tersebut mengelilingi bintang bernama HD 95086 berhasil di potret dari planet bernama HD 95086b dengan cahaya inframerah.

Planet tersebut teramati lewat pengamatan secara langsung dengan very large telescope milik ESO. Berdasarkan kecerlangan cahayanya, ilmuwan menduga bahwa planet ini cuma punya massa empat hingga lima kali lebih besar dari Yupiter.

Selama ini sangat jarang planet alien yang berjarak jauh bisa teramati secara langsung. Foto lain yang diambil ESO menunjukkan bahwa planet dan bintang yang diorbitnya terletak di konstelasi Carina. HD 95086b mengorbit bintangnya pada jarak dua kali jarak Matahari-Neptunus atau 56 kali jarak Bumi-Matahari.

Penemuan planet ini akan dipublikasikan di Astrophysical Journal
Anne Marie Langrange, peneliti yang juga terlibat penemuan, mengungkapkan bahwa posisi planet saat ini memunculkan pertanyaan." Ia mengatakan bahwa planet mungkin telah berpindah dari tempat penemuannya ke tempat "tinggal" saat ini.


Yang tidak penulis mengerti, mana Aliennya?

0 Response to "Planet “Alien” Berhasil di Potret Secara Langsung?"

Posting Komentar