Penemuan Arkeologi Paling Menggemparkan Dunia

Agan-dan agawati pecinta Blog berita Aktual, Unik dan Aneh, post kali ini adalah informasi tentang penemuan arkeolog paling menggemparkan didunia:
1. Perang kimia kuno di Suriah

Arkeolog Prancis, Robert du Mesnil du Buisso menemukan sebuah terowongan ketika melakukan penggalian di Duro-Europos, sebelah timur Suriah pada tahun 1933. Dura-Europos adalah tempat terkepungnya tentara Romawi oleh Persia kuno.
Dalam penggalian itu, ditemukan sebuah terowongan dan didalamnya terdapat 10 tengkorak manusia yang dalam keadaan seakan mau melarikan diri. Satu tengkorak lagi sedang mencengkram baju besinya dalam keadaan panik. Juga ditemukan bekas blerang dan aspal.
Setelah sekian lama, Simon James menyimpulkan bahwa tengkorang denga ekspresi ketakutan tersebut adalah karena adanya perang kimia paling pertama yang pernah dilakukan umat manusia.
2. Selokan mayat bayi di Israel

Israel, tepatnya di Kota Ashkelon, dibawah tempat pemandian zaman Romawi Bizantium ditemukan sebuah selokan yang memang dirancang untuk tempat pembaungan bayi yang baru lahir, berisi sekitar 100 kerangka bayi laki-laki.
Setelah diadakan penelitian, arkeolog berkesimpulan banyaknya bayi laki-laki yang dibuang diselokan itu merupakan anak para pelacur: setiap bayi laki-laki dibuang sedangkan bayi perempuan tetap dijaga untuk dinvestasikan dimasa depan.
3. Makam tengkorak di Swedia

Sebuah danau yang sudah ada sejak zaman pra sejarah di Motola, Swedia digali oleh beberapa arkeolog pada tahun 2009. Mereka menemukan benda-benda yang memiliki struktur dari zaman primitif, seperti tulang hewan, alat-alat dari batu, dan sepuluh tengkorak berusia delapan ribu tahun, mulai dari anak-anak hingga dewasa.
Mereka juga menemukan tengkorak kesebelas yang terpendam jauh di dalam lumpur di dasar danau itu. Mereka kemudian menemukan fragmen dari salah satu tengkorak yang sengaja dimasukkan ke dalam tempurung kepala tengkorak kesebelas tadi. Beberapa tubuh yang berada di dasar danau itu kemungkinan juga bekas dibakar.
4. Kuburan massal Viking tanpa kepala di Inggris.

Sebuah sisi jalanan tua di Wilayah Dorset, Inggris ditemukan kuburan missal dengan 54 tentara Viking tanpa kepala oleh para arkeolog. Anehnya, tulang kaki, lengan, kepala dan kerangka tubuh 54 tentara Viking tersebut diatur secara rapi dalam susunan tepisah.
Teori awal setelah penemuan itu menyebutkan, tentara Viking dibunuh setelah ditangkap penduduk setempat yang selamat dari serangan tentara Viking, kemudian dipotong-potong oleh warga. Sedangkan kepalanya dijadikan cenderamata.
Namun, arkeolog merubah teori pertama: para tentara Viking telah dijadikan tumbal dalam sebuah ritual dari kebudayaan disitu.

5. Mumi menjerit di Mesir


Ketika Gaston Maspero, Kepala Dinas Perbukalaan Mesir melakukan tugas membuka sarkofaus mumi dan mencatat hal yang berkaitan dengan mumi itu, menemukan sebuah sarkofaus  berbahan kulit domba yang dianggap najis oleh bangsa Mesir Kuno.

Ketika dibuka,  ternyata kaki dan tangan mumi tersebut dalam keadaan terikat dengan mulut menganga seakan berteriak. Para ahli kemudian menyimpulkan bahwa mumi itu kemungkinan mati diracuni, dikubur hidup-hidup atau disiksa sebelum akhirnya meninggal.


Sumber: merdeka.com

0 Response to "Penemuan Arkeologi Paling Menggemparkan Dunia"

Posting Komentar