Cara Tepat Menggendong Anak

perkembangan anak
Sebagai orangtua, mommy sebaiknya mengetahui cara merawat anak dengan baik.  Kesalahan yang dibuat dikhawatirkan akan berakibat secara jangka panjang. Kali ini akan dibahasa seputar kebiasaan menggendong anak.
Manfaat Menggendong
Apa sebenarnya manfaat menggendong sang anak? Manfaat yang pertama adalah untuk menenangkan sang bayi. Anak yang digendong akan merasakan keamanan dari mommy. Terutama ketika rewel, menggendong anak tersebut merupakan cara yang paling cocok untuk digunakan.
Manfaat yang kedua adalah untuk mengajarkan anak bagaimana  bersosialiasi dan bergembira bersama orang sekitar. Manfaat berikutnya adalah untuk mengajarkan sang anak berbicara karena posisi menggendong tersebut dapat menstimulasi cara anak belajar berbicara.
Bagi Mommy, menggendong juga dapat memberikan manfaat seperti memudahkan aktivitas sembari mengawasi dan merawat perkembangan anak.
Tips Menggendong Anak
Meskipun menggendong anak dapat memberikan banyak sekali manfaat, ada banyak pertimbangan tentunya yang harus dipikirkan guna memaksimalkan kualitas menggendong mommy. Sebenarnya yang paling penting diperhatikan ketika mommy perlu menggendong sang bayi adalah dengan menyesuaikan dengan usia yang dimiliki.
Yang pertama adalah bila anak mommy berusia 0 hingga 3 bulan. Bungkukanlah badan mommy kearah bayi yang sedang telentang. Kemudian selipkanlah satu tangan mommy kebagian belakang kepala, terutama bagian leher lalu gunakan tangan yang satunya untuk menopang bagian punggung serta bokong sang anak. Cara ini tentu saja amat berguna untuk menghindari ketidaknyamanan sang anak ketika digendong.
Usia selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika menggendong sang anak adalah usia sekitar 3 hingga 6 bulan. Pada usia tersebut tentunya mommy harus tahu bahwa kebanyakan dari sang bayi lebih senang digendong pada posisi duduk menghadap kedepan. Pada usia tersebut sang bayi atau anak mulai tidak suka terlalu banyak menghabiskan waktu dengan berbaring.
Memasuki usia 5 dan 6 bulan, mommy sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk menggunakan kain gendong guna menopang tubuh sang anak. Hal tersebut dikarenakan sang anak sudah mulai menjadi berat untuk digendong dengan hanya menggunakan tangan saja. Apabila mengenai posisi gendongan, mommy dapat mempertimbangkan untuk menggendong pada posisi depan bagian perut.
Berikutnya adalah mengenai usia anak yaitu diatas 6 bulan. Yang perlu para mommy ketahui mengenai usia anak atau bayi diatas 6 bulan adalah mengenai pertumbuhan tulang dan otot sang bayi yang semakin baik.
Dalam kaitannya dengan hal ini, mommy sudah dapat lebih tenang dalam memperhatikan kualitas dari sang bayi mengenai resiko cedera. Yang harus diperhatikan dalam menggendong sang anak usia 6 bulan keatas adalah mengenai posisi paling nyaman sesuai preferensi bayi. Mengenai pilihan posisi gendongan, tentu saja semua lebih bervariasi.
SUMBER

0 Response to "Cara Tepat Menggendong Anak"

Posting Komentar