Khusus Anda Mahasiswa Baru


Dalam perjalanan hidup seorang anak manusia, ada yang namanya tahapan lahir, sekolah, kuliah, kerja, berkeluarga, punya anak, tua, dan kemudian mokat. Namun khusus bagi sebagian orang yang harus merantau jauh dari kerabat dan kampung halaman untuk keperluan kuliah, kayaknya ada satu tahapan yang terlewat. Pada tahapan ini, orang itu secara sah memiliki alasan paling logis buat minggat meninggalkan rumah orangtua dan mencoba untuk hidup sendiri.

Kurang lebih itu juga yang om rasain waktu harus meninggalkan kampung halaman dan jauh dari orangtua untuk keperluan kuliah. Berangkat dari pengalaman inilah, om Jon kepengen coba share, kira-kira apa aja sih yang perlu dipersiapkan.

A. Pilih tempat tinggal : Kost, Kontrakan, atau Apartement?

Tempat tinggal semi-kudu dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum mulai waktu perkuliahan, ini supaya kita nggak buru-buru dan masih punya waktu buat pilih-pilih, karena cari tempat tinggal yang sesuai selera itu lumayan agak susah loh.

Sementara pilihan jenis tempat tinggalnya sendiri itu ada : kost, kontrakan, atau yang keren dikit itu apartement. Nah, berikut ini adalah pertimbangan dari ketiga jenis tempat tinggal tersebut:
Kost
Pros
+ Biaya sewa relatif terjangkau
   Range harga normal biasanya Rp350.000 - Rp600.000
+ Kebersihan relatif lebih terjamin, tergantung fasilitas kosan itu sendiri
+ Keamanan relatif lebih terjamin daripada tinggal di kontrakan
+ Banyak temen sependeritaan
Cons
-  Banyak aturan
Kontrakan
Pros
+ Bebas aturan
+ Ongkos sewa relatif lebih murah kalau ngontrak bareng-bareng
Cons
-  Bersih-bersih sendiri
-  Keamanan harus jaga sendiri
Apartemen
Pros
+ Bebas aturan
+ Keamanan relatif lebih terjamin
Cons
-  Ongkos sewa mahal

B. Perlu Bawa Barang Apa Aja?

Persis banget pertanyaannya sama om Jon waktu baru mau pindahan dari rumah ke kostan. Sempet diketawain sama emak karena barang bawaannya macem orang mau ngungsi kebanjiran. Jujur waktu itu om masih polos banget, nggak ngerti apa dan gimana kostan itu. #dusunsekalih

Kosan umumnya udah menyediakan kamar lengkap dengan tempat tidur, meja belajar, lemari, dan kamar mandi, di luar itu kalian mesti bawa sendiri. Terus, apa aja sih yang perlu dibawa? Berikut om sebutin supaya kalian bisa buat list barang-barang yang harus dibawa.

1. Pakaian
Nggak perlu bawa pakaian seisi lemari di rumah, kenapa? nyucinya capek broh, kalo laundry pun sayang sama uang bulanan. Bawa aja seperlunya, misal pakaian sehari-hari, pakaian kuliah, dan jangan lupa! Daleman! Singkatnya, waktu cuma 7 hari dalam seminggu, jadi persiapkan pakaian santai dan formal secukupnya.

2. Alas Kaki
Jangan sampe kayak om Jon, sukanya minjem sendal sama sepatu tetangga kamar sebelah.

3. Peralatan Mandi
Sebenernya nggak wajib bawa dari rumah juga sih, karena di sekitaran tempat tinggal kalian nanti juga banyak minimarket.

4. Peralatan Makan
Standarnya sendok, garpu, piring, dan mangkuk kalo buat makan bakso.

5. P3K
Kekejaman hidup sendiri itu baru berasa pas lagi sakit, jadi persiapkan obat-obatan P3K buat jaga-jaga kalo nanti sakit.

6. Elektronik
Kalo kalian nanti ternyata pilih kostan sebagai tempat tinggal, biasanya barang-barang elektronik itu dikenain charge tambahan. Jadi bawalah elektronik yang perlu-perlu aja. Contohnya strika buat gosok pakaian, laptop buat ngerjain tugas kampus, kalo doyan puterin musik bisa pake sound system, tapi cukup yang 2.1 aja.

Sekarang coba bikin deh list barang bawaannya biar nggak pusing. Inget, nggak semuanya wajib dibawa dari rumah, pemirsah juga bisa beli disekitaran tempat tinggal yang baru nanti.

C. Bentengi Diri

Hidup sendiri itu enak, bebas? coba tanya lagi diri sendiri, apa tujuan kalian jauh-jauh datang?Buat menuntut ilmu atau cuma seneng-seneng?

Godaan iman dimanapun emang luar biasa, ditambah hidup sendiri yang notabenenya baru aja lepas dari pengawasan langsung orangtua. Kalau nggak kuat-kuat iman, kebanyakan sih pada jatuh ke kehidupan seks bebas (naudzubillah), akhirnya apa? Kalian jadi nggak fokus nuntut ilmu, parahnya mungkin malah ninggalin.

Terus apa solusinya? Pertama adalah jaga diri, minta perlindungan Tuhan biar dijauhkan dari hal-hal tersebut. Kedua, kalian bisa pilih tempat tinggal yang punya peraturan moral ketat, contohnya kosan yang melarang tamu bukan muhrim buat masuk ke kamar. Ketiga, pilihlah temen yang baik. Kayak lagu opick, berkumpulah dengan orang-orang shaleh, insya Allah terhidar dari yang kayak begituan. Aamiin

Kemudian yang nggak kalah pentingnya adalah menjaga harta benda dari pencurian. Biasanya musim-musim tahun ajaran baru dan -10 hari lebaran +10 hari lebaran itu masih suasana agak suram, tingkatkan keamanan ya. Ini pengalaman asli om yang sempet kena musibah pencurian motor :(

D. Kuliah yang Bener!

Lebih tepatnya, ini adalah nasihat dari seseorang yang nyesel karena udah menyia-nyiakan kesempatan waktu yang tersedia.

Apa tujuan kita kuliah dan untuk apa kita kuliah? Pertanyaam ini harus kita jawab sekaligus dijadikan komitmen. Selain untuk ilmu, jelas ujung-ujungnya adalah biar nanti bisa dapet kerjaan yang lebih layak 'kan? Nah, Sekarang coba bayangin, kalau kuliahnya nggak rajin, nggak pernah mau belajar, banyak main-main? Pas lulus kuliah pasti nyari kerjaan dong, di inteview sama HRD, ditanya kamu punya skill apa, mau jawab apaan?
Ayo ditata visi dan misi kalian...
Mumpung kalian masih fresh, ayo ditata visi dan misi kalian kuliah itu apa dan bagaimana, sambungkan dengan keinginan kalian nanti kalau mau kerja, mau jadi apa dan bagaimana, apa skill yang perlu banget dikuasain dan yang secukupnya. Jangan kayak om Jon yang baru sadar mau jadi apa pas udah akhir-akhir kuliah, akhirnya bingung karena skill yang ada semi-mumpuni untuk posisi kerja yang ingin dicapai. Coba kalau sadarnya di awal, om Jon bakal serius nekunin setiap mata kuliah, kursus keahlian, ikut organisasi supaya banyak punya networking yang luas, dan lain sebagainya.

Well, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu kalian ya pemuda dan pemudi penerus bangsa, manfaatkan waktu kalian dengan sebaik-baiknya. Hormati dosen seperti kalian menghormati orangtua, hormati lingkungan sekitar tempat tinggal kalian yang baru seperti kalian menghormati kampung halaman, jaga diri baik-baik, ingat tujuan kalian untuk apa, asah terus kemampuan kalian supaya punya skill yang mumpuni biar pantas dapet kerjaan yang diinginkan setelah resmi dapet gelar sarjana, dan terakhir bisa pulang ke kampung halaman dengan rasa bangga. Aamiin
SUMBER: catatanomjon.blogspot.com/hal-yang-perlu-dipersiapkan-mahasiswa-baru

0 Response to "Khusus Anda Mahasiswa Baru "

Posting Komentar