Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Anda


Posisi tidur yang baik bisa meningkatkan kualitas tidur sekaligus membantu Anda memelihara kesehatan. 
Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda: tidur terlentang, menelungkup, ataupun menyamping. Berbagai variasi posisi tersebut ternyata bisa mendatangkan efek yang berbeda-beda pula pada tubuh kita. Kenali gaya tidur Anda dan ketahui dampaknya terhadap kondisi kesehatan Anda saat ini:
 posisi tidur

1. Tidur Terlentang
Positifnya: Posisi seperti ini amat baik untuk menyeimbangkan berat badan, memelihara organ-organ dalam agar berada pada posisi yang benar, serta menghindari terjadinya nyeri punggung dan leher. Pastikan saja Anda meletakkan bantal di bawah lutut untuk menjaganya agar sejajar dengan posisi punggung. Posisi tidur terlentang juga baik untuk memelihara kekencangan kulit wajah, karena Anda bisa memanfaatkan daya gravitasi untuk melakukan “face-lift” alami.
Negatifnya: Jika Anda terbiasa mendengkur, maka tidur terlentang bukanlah pilihan yang baik. Dalam posisi terlentang, otot di sekitar lidah bisa jatuh menghalangi jalan pernapasan sehingga memperparah bunyi dengkuran. Tidur dalam posisi menyamping adalah pilihan yang lebih baik bagi Anda yang sering mendengkur.

2. Tidur Menyamping
Positifnya: Tidur dalam posisi meringkuk ke samping seperti janin dengan lutut menekuk dan guling yang diletakkan di antara kaki berguna meredakan tekanan pada punggung Anda. Kala tidur dalam posisi ini, pastikan Anda menggunakan bantal sehingga posisi kepala senantiasa sejajar dengan tulang punggung, tidak menekuk ke salah satu sisi. Posisi kepala yang menekuk bisa mengakibatkan Anda mengalami sakit leher ketika bangun dari tidur. Tidur dalam posisi menyamping berguna pula untuk meredakan rasa nyeri pada lambung.
Negatifnya: Sejauh ini tidak ada sisi negatif dari posisi tidur menyamping. Pasalnya, posisi tersebut adalah yang paling mirip dengan bentuk kurva alami tulang punggung manusia.

3. Tidur Menelungkup
Positifnya: Apabila Anda sering menderita nyeri punggung, maka posisi tidur menelungkup adalah cara tidur terbaik untuk meredakan rasa sakit yang Anda alami. Pada bayi, posisi tidur menelungkup juga berguna untuk membantu menguatkan otot dada dan perut.
Negatifnya: Di antara posisi tidur lainnya, ini adalah posisi tidur yang paling bisa mendatangkan risiko pada kesehatan. Menurut Jonathan FitzGordon, seorang pakar kesehatan tulang punggung dari New York, Amerika, tidur dalam posisi menelungkup bisa meratakan bentuk kurva tulang punggung alami. Selain itu, selama tidur, posisi kepala juga terpaksa menoleh ke salah satu sisi dalam jangka waktu lama. Akibatnya, Anda bisa terbangun dengan rasa nyeri pada daerah seputar kepala, leher, dan bahu.
Ingin bangun tidur dengan perasaan lebih segar keesokan harinya? Pilih posisi tidur yang cocok dan penuhilah kebutuhan tidur Anda sebanyak 8 jam setiap malam. Selamat bermimpi indah! SUMBER: soylution.co.id/posisi-tidur-yang-paling-memuaskan

0 Response to "Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan Anda"

Posting Komentar