Salah Satu Hunian Kumuh yang Tertinggi di Dunia


Penghuni liar yang menempati bangunan kosong bukan hanya terjadi di Indonesia. Di Caracas, Venezuela, sebanyak 2.500 warga menghuni sebuah pencakar langit yang belum selesai menjadi hunian kumuh tertinggi di dunia.
Dengan tinggi 45 lantai, Torre de David (Menara David) semula dibangun untuk menjadi simbol kekuatan ekonomi Venezuela. Konstruksi gedung perkantoran ini dimulai pada 1990 saat terjadi booming, tetapi krisis perbankan pada 1994 membuat pembangunannya mangkrak.
Sejak 2007 lalu, para penghuni gelap mulai berdiam di gedung yang tak kunjung rampung ini. Mereka ‘mencuri’ listrik untuk mendapatkan penerangan di sini. Banyak area yang disulap menjadi hunian yang cukup cantik.
Ironisnya, tidak semua penghuni di sini masuk kategori miskin, karena sebagian memiliki pekerjaan tetap. Bahkan, menurut situs desain Domus, Menara David juga memiliki salon kecantikan, kafe internet, dan gereja.
New York Magazine melaporkan, di sini juga ada perhimpunan penghuni yang mengatur beragam urusan, seperti mengumpulkan iuran, mempekerjakan sekretaris dan pekerja untuk memelihara kawasan hunian. Mereka juga mengatur lokasi hunian, misalnya orang tua dan penyandang cacat harus tinggal di lantai bawah.
Menara David bukan gedung mangkrak pertama yang dikuasai penghuni gelap. Sebelumnya, Kowloon Walled City di Hong Kong pernah menjadi rumah bagi sekitar 50.000 penghuni liar sebelum kawasan tersebut dihancurkan pada 1993 dan disulap menjadi taman wisata Kowloon Walled City Park.
SUMBER: http://id.berita.yahoo.com/blogs/rumah/inilah-hunian-kumuh-tertinggi-di-dunia-070122013.html#more-id

0 Response to "Salah Satu Hunian Kumuh yang Tertinggi di Dunia"

Posting Komentar