Cara Sederhana Untuk Menerapkan Pola Hidup Hemat

Keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM membuat sejumlah harga bahan pokok untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari juga naik, demikian juga dengan tarif sarana angkutan umum yang paling cepat tanggap merespon kebijakan tersebut. Namun masyarakat saat ini cukup dewasa untuk menanggapinya, meski tidak sedikit pula yang merasa cemas karena harus kembali menyesuaikan diri dengan berbagai “tarif baru” yang terutama dirasakan dampaknya dalam kebutuhan rumah tangga sehari-hari.
http://l.yimg.com/bt/api/res/1.2/jV0bXnIfvlsjLiFtwQzq3A--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Y2g9NDU5O2NyPTE7Y3c9NDAwO2R4PTA7ZHk9MDtmaT11bGNyb3A7aD0yMTk7cT04NTt3PTE5MA--/http://media.zenfs.com/id-ID/News/antara/lfs-20130822170936-tipshemat.jpg
Berikut adalah tips sederhana yang dapat Anda coba sebagai penghematan biaya dalam mengatasi berbagai kenaikan harga yang hingga kini masih terus merangkak…


Ganti air minum bermerek dengan air minum isi ulang

Anda pastinya tidak akan terlepas dari kegiatan yang satu ini: minum. Anda bisa mengganti kebiasaan minum air bermerek dengan air isi ulang yang aman untuk dikonsumsi dengan menggunakan alat penyaringan air. Atau, untuk lebih menghemat lagi, apa salahnya bagi Anda untuk membiasakan memasak air sendiri?

Siasati anggaran belanja sehari-hari

Para ibu rumah tangga biasanya yang paling pelik untuk urusan yang satu ini. Padahal ada banyak cara untuk menyiasati penghematan anggaran belanja kebutuhan pangan sehari-hari.

Anda bisa mengganti menu daging sapi yang biasa Anda hidangkan di rumah dengan daging ayam, misalnya. Selain kandungan gizinya yang tidak jauh berbeda dengan sapi, ayam juga memiliki kadar lemak yang lebih rendah. Sehingga Anda bisa mengganti menu daging dengan harga yang lebih murah namun menawarkan manfaat yang tidak kalah pentingnya bagi kebutuhan gizi Anda.

Atau, contoh lainnya, Anda bisa memilih menu yang lebih murah semisal tempe atau tahu dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya. Cara yang lebih sederhana lainnya, Anda bisa mengganti menu telur balado yang banyak membutuhkan bumbu, cukup menggantinya dengan telur ceplok atau dadar.

Kurangi kebiasaan jajan yang berlebihan

Jajan adalah hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan, apalagi ketika itu dilakukan di awal bulan. Namun kebiasaan jajan perlu kita kurangi, atau justru kalau bisa dihilangkan, untuk menekan biaya pengeluaran. Anda sebaiknya mengoptimalkan makanan sederhana yang sudah ada di dapur daripada membeli bakso atau mie ayam hanya demi memenuhi hasrat mengenyangkan perut.

Hemat penggunaan listrik

Hemat dalam pemakaian listrik rumah tangga juga berdampak pada rendahnya tagihan listrik bulanan. Biasakan untuk mematikan lampu, TV, Komputer setelah tidak dipakai. Ketika tiba saatnya bagi Anda beristirahat di malam hari, matikan semua benda yang sekiranya menguras daya listrik.

Gunakan air seperlunya

Bukan berarti Anda memiliki alasan untuk jarang mandi alih-alih menghemat air. Akan tetapi semua orang tentunya pernah mendengar petuah lama yang menyebutkan bahwa tidak baik berlama-lama di kamar mandi. Ada banyak interpretasi atas pesan lama itu, namun kali ini Anda ditegaskan untuk menghemat air. Caranya sederhana: gunakan air secukupnya dan matikan aliran air di kamar mandi sekiranya sudah tidak lagi digunakan.

Luangkan waktu bersama keluarga di rumah

Memasuki hari libur atau akhir pekan sebaiknya digunakan untuk menghabiskan waktu di rumah dengan dengan kegiatan-kegiatan yang positif, seperti berolahraga, nonton DVD, memasak dan makan bersama, atau sekadar berkumpul bersama keluarga agar tidak perlu mengeluarkan uang untuk menghabiskan waktu liburan dengan bepergian ke luar rumah yang pastinya akan memakan biaya tambahan.

Gerakan Back to bike

Tren yang satu ini sudah banyak diterapkan banyak orang dan terbukti ampuh memberikan banyak manfaat. Selain menjaga kebugaran fisik Anda, menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi juga mengatasi penghematan dari banyak hal: ongkos, bahan bakar, dan polusi. Anda bisa beraktivitas seperti pergi ke tempat kerja, berbelanja, atau jalan-jalan dengan sarana yang sangat praktis ini dengan manfaat yang lebih bagi kesehatan Anda.

Lakukan pekerjaan rumah Sendiri

Bukan berarti setelah membaca poin yang satu ini, Anda serta merta langsung memecat pembantu di rumah Anda. Namun alangkah baiknya jika sekiranya memiliki waktu luang yang lebih, Anda bisa mengerjakan pekerjaan rumah sendiri atau membagi-bagi tugas dengan keluarga Anda. Dengan demikian, selain membiasakan diri untuk mandiri, suasana rumah pun menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

Cari penghasilan tambahan

Mencari penghasilan tambahan tak selalu harus selalu dimulai dari sesuatu yang rumit. Sebagai contoh, Anda bisa mencari penghasilan tambahan dari hobi Anda sendiri. Jika Anda memiliki hobi memancing, Anda bisa mencari perlombaan-perlombaan memancing dan mengikutinya. Selain menyalurkan hobi, Anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan dan sejenak keluar dari rutinitas pekerjaan yang penat. Menyenangkan, bukan?

Menabung

Inilah poin yang paling penting. Sudah saatnya bagi Anda untuk mulai menyisihkan penghasilan. Setelah semua tips hemat di atas Anda terapkan, sisa uang yang mampu Anda kumpulkan sebaiknya Anda tabung, entah dalam bentuk tabungan atau investasi, agar kelak Anda memiliki simpanan uang yang bisa menyokong berbagai kebutuhan di masa depan. SUMBER: http://id.berita.yahoo.com/10-tips-pola-hidup-hemat-100936458.html

0 Response to "Cara Sederhana Untuk Menerapkan Pola Hidup Hemat"

Posting Komentar