Sejarah Lagu Iwak Peyek

Sejarah Lagu Iwak Peyek - Lagu dan Lirik Iwak Peyek menjadi populer setelah sering dinyanyikan oleh Sule, Andree dkk di acara Opera Van Java (OVJ) Trans 7. Lagu ini ada di album dangdut Trio Macan tahun 2011. Namun, berdasarkan sumber-sumber yang saya baca, ternyata jauh sebelum dinyanyikan Trio Macan, lagu Iwak Peyek ini sudah dipopulerkan dari panggung ke panggung dangdut daerah oleh penyanyi dangdut koplo Eni Sagita. Namun karena levelnya, (maaf) penyanyi kampung, boomingnya hanya sebatas didaerah, belum menasional seperti setelah dinyanyikan Trio Macan apalagi setelah sering dinyanyikan oleh Sule dkk di OVJ. Dan inilah fakta yang menarik, sentuhan industri musik dengan stategi komersialisasinya bisa membuat lagu kampung menjadi booming.

Apakah lagu ini milik Eni Sagita dan grup musik dangdut koplonya? Ternyata bukan! Karena ternyata lagu Iwak Peyek ini adalah lagu yang populer dan kerap dinyanyikan oleh kelompok-kelompok suporter sepakbola di Jawa Timur ketika sedang mendukung klub/tim kesayangannya di stadion. Aremania (supporter klub Arema Indonesia/Malang) dan Bonek (Suporter Persebaya Surabaya) sebagai dua basis suporter terbesar di Jawa Timur kerap menyanyikan lagu ini, jauh sebelum kemudian dibawa ke panggung hiburan dangdut oleh Eni Sagita dan grupnya OM Sagita dari Sidoarjo.

Sejarah panjang dan rumit lagu Iwak Peyek ini tidak sampai pada siapa yang pertama menyanyikan dan mempopulerkannya, tapi juga tentang siapa yang menciptakannya, ternyata sampai saat ini, belum diketahui siapa yang menulis dan mengarang lagu ini. Yang pasti, lagu ini bukan lagu ciptaan Presiden SBY. Hehe…

by : http://goyangkarawang.com

2 Responses to "Sejarah Lagu Iwak Peyek"

  1. yang nyiptain ntuh saya kasih tahu ya H. Imron ketua suporter Persebaya

    BalasHapus
  2. setahu sya ini lagunya cock sparrer "take 'em all"... check this out..!!!

    BalasHapus