Mengapa Kita Bisa Menguap??


Mengapa Kita Bisa Menguap??"FaktaMengapa Kita Bisa Menguap" Setiap orang pasti pernah menguap tapi tau gak kamu, apa yang menyebabkan kita bisa menguap ? Alasan mengapa kita bisa menguap? dan kenapa kita bisa menguap?. Sebagian besar spesies vertebrata, bahkan burung dan ikan, juga menguap Lho, atau setidaknya melakukan sesuatu yang sangat mirip dengan menguap. Tetapi mekanisme fisiologi, nilai dan ketahanan hidupnya masih tetap misterius sampai sekarang.

Sejarahnya Pada abad ke-4 sebelum Masehi, Hiprocrates mengatakan bahwa menguap adalah membuang "udara buruk" dan meningkatkan "udara baik" di otak. Pandangan modern berdasarkan teori itu adalah menguap dapat membantu meningkatkan kadar oksigen di dalam darah dan mengurangi karbondioksida. Jika semua ini benar maka orang akan banyak menguap ketika berolahraga. Dan orang-orang yang mengalami penyakit paru dan jantung, yang sering mengalami kekurangan pasokan oksigen pada otaknya, akan lebih banyak menguap dibandingkan semua orang lain.

Para periset telah memapar kebanyakan orang sehat dengan campuran gas yang mengandung karbondioksida dalam kadar tinggi dan menemukan bahwa itu tidak menambah menguap. Malah sebenarnya, tidak ada kajian yang menunjukkan perubahan kadar oksigen di otak yang disebabkan oleh menguap. Dengan kata lain, pengamatan dan eksperimen menunjukkan bahwa cara terbaik untuk meningkatkan kadar oksigen didalam darah bukanlah dengan menguap, tetapi dengan bernapas cepat.

Menguap memang paling sering terjadi sebelum dan sesudah tidur, dan perasaan mengantuk biasanya disertai dengan peningkatan menguap. Jadi mungkin menguap menolong kita untuk tetap terjaga. Para periset menguji hipotesis ini dengan membuat orang-orang yang ikut dalam percobaan menguap lalu mengamati aktivitas otaknya dengan ensefalografi (EEG) disaat mereka menguap. (EEG) tidak menunjukkan bukti bahwa menguap menunjukkan kesiagaan otak atau sistem saraf pusat.

Beberapa periset mengatakan hal sebaliknya - bahwa menguap menurunkan kesiagaan dan membantu kita agar lebih mudah tertidur. Tetapi meskipun menguap dan mengantuk terjadi bersamaan, tidak ada eksperimen yang menunjukkan hubungan sebab-akibat diantara keduanya.

Nah bagaimana semoga informasi diatas sedikit bermanfaat, ternyata menguap saja memiliki sesuatu yang luar biasa untuk dibahas ya? sampai para periset meneliti tentang apa itu menguap? dan bagaimana cara kerjanya.

[ sumber ]

0 Response to "Mengapa Kita Bisa Menguap??"

Posting Komentar