Jenis Penyakit Dan Cara Mencegah Di musim Hujan

Musim hujan sudah tiba,berarti kita harus waspada pada musim hujan ini,karena kewaspadaan akan datangnya penyakit pun harus ditingkatkan, pasalnya selain udaranya yang kadang kurang baik, lingkungan saat hujan dan sesudah hujan pun berpengaruh pada kondisi tubuh. dan Tak dapat dipungkiri kuman penyakit dapat bersarang di tubuh kita.
Berdasarkan penjelasan berbagai pakar kesehatan, ada beberapa penyakit yang sangat mungkin berkembang biak disaat musim hujan,adalah sebagai berikut :

1.Demam berdarah.
Pada musim hujan pertumbuhan populasi nyamuk semakin meningkat seiring banyaknya tempat perkembang biakannya.
2.Diare.
Beberapa kali pengalaman saya Kejadian Luar Biasa Diare terjadi pada musim hujan terutama pada penduduk yang tidak memiliki sarana BAB ( Buang Air Besar ) yang memadai dan sumber air yang kurang baik.
3.Leptospirosis.
 Penyakit ini disebabkan oleh bakteri leptospira yang di bawa oleh tikus ( dikenal sebagai penyakit kencing tikus ). Penyakit ini biasanya timbul ketika banjir.
4.Flu.
Flu biasa nya timbul ketika perubahan cuaca.
5.Demam Berdarah.
Ini merupakan salah satu penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Biasanya juga penyakit malaria ini merupakan penyakit endemis daerah tertentu. Seperti Papua dan Bangka Belitung.
Ngilu pada sendi.
Adapun mengenai cara pencegahan penyakit-penyakit diatas adalah sebagai berikut :

1. Cuci tangan. Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air hangat.
2. Konsumsi makanan mengandung phytochemical. Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayur segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap, jadi usahakan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini.
3. Minum banyak air. Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa butuh delapan gelas air dalam sehari. Usahakan untuk banyak minum air putih, untuk mengangkat racun-racun dalam tubuh.
4.Saat hujan turun tiap hari, selokan-selokan yang tersumbat biasanya meluap, sehingga membuat parasit serta amuba turut terangkat. Untuk mencegah diare, biasakan menjaga kebersihan, dengan cuci tangan dan kaki setelah berpergian.
5. Hindari membeli makanan di sembarang tempat.
6. Jaga kerapian, jangan biasakan menggantung pakaian, daripada menggantung lebih baik dilipat. Pakaian yang digantung bisa menjadi tempat persembunyian nyamuk Aedes aegypti.
7. Bersihkan setiap hari meja dan laci yang ada di kamar, buanglah kertas-kertas yang tak terpakai, sebab laci meja yang kotor dan tak terurus, juga bisa menjadi sarang nyamuk.

Jadi, adanya musim hujan jangan membuat kita takut. Asal kita bisa menjaga kebersihan lingkungan dan biasa hidup sehat, ingat lebih baik mencegah daripada mengobati. Sedia payung sebelum hujan..

4 Responses to "Jenis Penyakit Dan Cara Mencegah Di musim Hujan"

  1. moga aja kali di musim hujan ini gak kena penyakit. Tetap jaga kondisi badan agar tetap fit

    BalasHapus
  2. ia slalu semangat melakukan aktifitas .

    Rajin rajin menjaga kesehatan...

    Mksh ia sobat udah Mampir..
    salam persahabatan

    BalasHapus