Informasi seputar unik dan aneh

Tuesday, July 16, 2013

5 Tokoh Indonesia yang Terus Dikenang Dunia


5 Tokoh Indonesia yang Terus di Kenang Dunia. Indonesia adalah negara besar dengan SDM dan SDA yang cukup mapan. Terbukti banyak negara asing berlomba-lomba menguasai indonesia dengan berbagai cara. Akan tetapi dengan SDA yang juga cukup mapan, Indonesia berhasil memerdekaan diri dari kolonialisme!

Banyak tokoh Indonesia yang memiliki jasa terhadap negri ini dan juga berjasa terhadap kehidupan dunia, bukan hanya diabadikan namanya oleha bangsa indonesia sendiri, melainkan oleh bangsa-bangsa asing lainnya! Berikut 5 tokoh Indonesia yang terus dikenang oleh negara lain selain Indonesia:

1. Raden Ajeng Kartini

Beliau merupakan tokoh perempuan yang bergerak dan berjasa dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan. Hal ini terlihat dari berbagai karya tulisnya, salah satunya “Habis Gelap Terbitlah Terang”, sehingga membuatnya dikenang dan disegani bukan hanya oleh bangsanya sendiri melainkan juga di luar negeri, seperti negara di Belanda, sehingga ada beberapa jalan yang menggunakan nama Raden Adjeng Kartini, diantaranya di daerah Utrecht, Venlo, Harleem, dan Amsterdam. Sumber gambar, www.http://adjisetyaberbagiinfo.blogspot.com

2. Bung Karno

Ir. Soekarno adalah pejuang kemerdekaan, presiden pertama Republik Indonesia dan yang melakukan kerja pemikiran untuk menemukan ideologi negara yakni Pancasila. Dibawah kepemimpinannya yang tegas, Indonesia mampu menjadi negara yang disegani dunia Internasional. Dengan berbagai macam gagasan anti penjajahan, beliau mempelopori Konfrensi Asia Afrika di Bandung. Selain itu beliau juga salah satu pendiri gerakan non Blok, sehingga tidak heran jika Presiden Mesir Gammal Abdul Nasser mengabadikan nama beliau di Mesir, karena telah berjuang bersama dalam memprakarsai Konfrensi Asia Afrika. Mesir, sumber gambar, www.http://zulkifli19.wordpress.com

Karena jasanya, di Maroko beliau dikenang dengan diresmikan jalan “Sharia Ahmad Soekarno”. Di Pakistan ada tempat bernama “Soekarno Square Khyber Bazar di Pheswar” dan “Soekarno Bazar”  Lahore. Berkat jasanya yang mengirim tentara Indonesia untuk menjaga wilayah perbatasan Pakistan-India, pada 1965 hingga sekarang. Maroko, sumber gambar, www.http://adjisetyaberbagiinfo.blogspot.com

Rusia juga mengabadikan Nama Bung Karno, dengan nama Masjid Biru Soekarno, karena dianggap telah berjasa dalam memperjuangkan masjid tersebut, bisa digunakan kembali untuk beribadah. Kemudian Kuba juga mengabadikan Soekarno, sebagai gambar perangko resmi negara tersebut, hal ini karena dianggap sebagai tokoh yang mengispirasi revolusi Kuba.

Kuba, sumber gambar, http://zulkifli19.wordpress.com






3. Sutan Syahrir

Sutan Syahrir merupakan perdana menteri pertama Indonesia. Sewaktu belajar di Belanda beliau banyak berjuang bersama Hatta dalam menggalang kekuatan untuk kemerdekaan Indonesia, begitu juga setelah kembali ke Tanah Air, berbagai gerakan yang didirakan, membuatnya ditakuti oleh panjajah, sehingga diasingkan ke Digul, jalan Sutan Syahrir dapat ditemukan di Belanda, tepatnya daerah Harleem.

Belanda, sumber, http://adjisetyaberbagiinfo.blogspot.com

4. Bung Hatta

Selain sebagai Wakil presiden pertama RI, beliau merupakan ahli ekonomi yang dimiliki Indonesia sehingga mendapat gelar sebagai bapak koperasi Indonesia.  Bung Hatta merupakan salah satu putra Indonesia yang menggalang kekutan di Luar Negeri untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan menjadi pembicara di forum Internasional, sehingga di Belanda ada jalan Hatta di Haarlem.

5.Munir

Munir Said Thalib (1965-2004) adalah nama lengkapnya. Beliau dalah salah satu tokoh pejuang HAM, yang terkenal sangat vokal dalam memperjuangkan rakyat kecil, dan berani menentang penindasan, sehingga beliau disegani baik di Indoneisa maupun luar negeri, tetapi beliau diracun ketika berangkat ke luar negeri, walaupun begitu jasa-jasanya telah banyak memberikan perubahan bagi bangsa. Nama “jl. Munir” dapat ditemukan di Negara Belanda, tepatnya di Den Hag. Dan sampai hari ini kasus pembunuhannya belum selesai secara tuntas!


Belanda, sumber, www.http://adjisetyaberbagiinfo.blogspot.com

Semoga semangat tokoh-tokoh Indonesia bisa kita tiru kita semua!

1 comments:

Tinggalkan Komentar Sesuai Judul Artikel. Jangan Meninggalkan SPAM. Terima Kasih