Informasi seputar unik dan aneh

Sunday, June 9, 2013

Inilah 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Danil Maulana

 (Sumber Gambar http://www.tdwclub.com)

Selamat siang sobat,, aduuhh dah lama nih saya ga posting gara-gara Sibuk di sekolah Dengan Ujian, tapi sekarang saya mu posting nih dari pada bosen mending posting, semoga aja bermanfaat bagi teman-teman, Sekarang nih saya akan menjelaskan Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan .

Bawang merah (Allium cepa L. Kelompok Aggregatum) Merupakan Tanaman yang digunakan sebagai penyedap pada makanan ini memiliki manfaat besar bagi kita misal nya ,di buat bawang goreng, membuat sambal,membuat sayur,pelengkap rasa,dan masih banyak lagi .
Tidak cuma itu Bawang Merah juga bermanfaat Bagi tubuh kita dan bisa mengobati penyakit, Di antara nya :

  1. Mengobati Batuk
  2. Menyembuhkan sakit kepala
  3. Melancarkan buang air Besar
  4. Rambut rontok
  5. Haid tidak teratur
  6. Demam Pada anak 
  7. Perut kembung pada anak
  8. Menyembuhkan penderita asma
  9. Menurunkan tekanan Darah dan kadar lemak
  10. Mengobati cacing Dan Wasir

Berikut Sebagian cara mengobati Penyakit :
Demam
Perut Kembung pada Anak-anak Ramuan: Umbi Bawang Merah (potong tipis) secukupnya Minyak Kelapa secukupnya Minyak Kayu Putih secukupnya Cara pembuatan: Diremas-remas. Cara pemakaian: Minyak tersebut dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangnn pada anak yang demam.

Batuk
Siapkan umbi bawang merah 4 gram, daun poko segar 4 gram, daun sembung segar 4 gram, herba segar 4 gram, buah adas 2 gram dan air 125 ml. Caranya dengan dipipis, dibuat infus atau pil dan dapat dipergunakan sehari sekali dengan diminum. Lama pengobatannya selama 14 hari.

Kencing Manis
Siapkan umbi bawang merah (dirajang) sebanyak 4 gram, buah buncis (dirajang) 15 gram, daun salam (dirajang) 10 helai dan air 120 ml. Caranya dibuat infus dan diminum sekali 100 ml. Lama pengobatannya 14 hari.



Dari hasil penelitian, ternyata ekstrak umbi Bawang Merah dengan dosis 250 mg/kg bb, menyebabkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 23,46%,
Pada pemberian tolbutamid dosis 250 mg/kg bb secara oral, menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 22,21%, dan pemberian air suling dengan takaran 5 ml/kg bb secara oral menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 3,00%. Tri Purwaningsih, 1991. FMIPA Farmasi UI,

efek protektif Bawang Merah pada kerusakan hati akibat karbon tetraklorida. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata Bawang Merah menghambat peningkatan GPT plasma dan kerusakan jaringan hati akibat CCl4.


Di ambil dari Berbagai sumber : http://tipsku.info/manfaat-bawang-merah/

22 comments:

  1. q paling suka sambal bawang merah nich,...... ternyata banyak juga manfaatnya ya sob... kerennn

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    ReplyDelete
  2. Wew gua suka bgt makan mie pake bawang merang! abis itu badan jd hangat sob..makan jg jd nikmat.mau enak tapi sehan ya ini dia si bawang merah jawabannya.

    ReplyDelete
  3. bawang merah ternyata bnyk manfaatnya. tapi kalo dimakan mentah2x gk enak enakan udah jd bumbu dapur br enak. artikel yg menarik.

    ReplyDelete
  4. @mister gone master: ia sob, tapi kenapa yaada juga orang yang ga suka bawang merah?

    ReplyDelete
  5. @Agen Resmi Obat Herbal: oke sobb.. mkasih dah mampir semoga artikel bawang merah nya bermanfaat ..
    kapan-kapan balik lagi ya .
    hehehe... :-D

    ReplyDelete
  6. Bawang merah itu enak banget. Ama bawang putih juga. :D

    Saya, kalo di rumah ada bawang merah (dan tentunya bawang putih), setiap kali bikin telur urak-arik saya selalu pakai bawang. :)

    ReplyDelete
  7. @Asop: oh bagus sekali itu gan..

    ia sih emang enak telur pkae bawang di kocok :-D

    mksih ia gan dah mampir :-D

    ReplyDelete
  8. aq kira hanya bisa buat bahan makanan aja,
    ternyata ada banyak banget kelebihannnya.

    ReplyDelete
  9. @turun berat badan: ia bawang merah ga cuma enak tapi banyak manfaat nya ..
    thanks dah berkunjung :)

    ReplyDelete
  10. Bawang merah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan sama seperti jenis bawang lainnya yaitu bawang putih, dan bawang bombay juga banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh

    ReplyDelete
  11. kalau masak tanap bawang merah rasanya ada yang kurang,, wanginya itu menambah selera banget, eh ternyata selain itu ada banyak juga ya manfaatnya

    ReplyDelete
  12. Artikelnya bermanfaat sekali.. Bisa menjadi referensi kami dalam inovasi bawang goreng :)

    Thanks infonya.

    ReplyDelete
  13. Artikelnya sangat bermanfaat Gan...Saya baru tahu ternyata bawang merah bisa untuk mengobati Batuk . . .

    ReplyDelete
  14. Gan, mao tanya doNk, bawang merah ato bawang putih bisa mengecilkan perut buncit ga heheheh
    Thanks gan....

    ReplyDelete
  15. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
  16. saya ada produk khas medan, bawang goreng crispy, toko kami di medan, jika berminat kami bisa kirim sampel 1 buah, ongkir yang nanggung pembeli. keterangannya ada di web saya, www.FajranRachman.com ditunggu ya orderan dari kamu, :)

    ReplyDelete
  17. Terima kasih atas Artikelnya.
    Sangat bagus & sangat bermanfaat banget buat saya.
    Sukses slalu untuk Anda

    ReplyDelete
  18. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete
  19. stelah dijadikan sebagai bumbu masakan, khasiatnya masih sama ga ya dibandingkan dikonsumsi mentah

    ReplyDelete
  20. Ternyata disamping menyedapkan makanan juga sebagai obat ya mas...

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar Sesuai Judul Artikel. Jangan Meninggalkan SPAM. Terima Kasih