Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh kita


Hemmmzz...Pernah anda menangis?
Pasti semua orang menjawab nya "PERNAH" banyak faktor yang membuat seseorang menangis misalnya menangis karena sedih karena berpisah dengan orang yang di sayangi, menangis karena sakit, menangis karena mendengar cerita sedih,menangis karena kita merasa di kecewakan, atau menangis disaat kita mendapat kabar bahagia dan masih banyak lagi.
Biasanya, menangis kerap menjadi salah satu cara untuk melampiaskan emosi yang terpendam. Karena banyak orang yang merasa lega setelah mengeluarkan air matanya, namun tak jarang justru merasa masalah tidak kunjung selesai,bahkan ada yang bilang menangis adalah sunnah rosull, tak cuma itu Dari hasil penelitian diketahui para ahli bahwa menangis ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh . Misal nya :

1.Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
William Frey Seorang ahli biokimia telah melakukan penelitian dengan air mata dan ia menemukan bahwa di dalam air mata terdapat racun,Tapi jangan salah , keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa air mata membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

2.Membunuh Bakteri
Tak perlu obat tetes air mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95% bakteri yang tertiggal dari keyboard, pegangan tangga, bersin dan dari tempat-tempatyang mengandung bakteri, hanya butuh waktu 5 menit.

3.Mengurangi Stress
Bagaimana menangis bisa mengurangi stress? Air mata ternyata mengeluarkan hormon stress yang terdapat dalam tubuh, yaitu “endorphin leucine enkaphalin” dan “prolactin”

4. Meningkatkan Mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

5.Mencegah Pilek dan Flu
Air mata yang kita keluarkan ketika menangis mengandung zat Lisozim fluida yang mampu membunuh 95% bakteri hanya dalam hitungan menit. Sama seperti hidung yang memiliki rambut dan terowongan hidung untuk mencegah kuman dan bakteri masuk, mata kita memiliki air mata untuk membantu mencegah kita sakit.

6.Membantu Penglihatan Mata
Fungsi utama dari air mata adalah melumasi bola mata sehingga kita dapat melihat. Air mata melembabkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata. Tanpa air mata, kita tidak akan dapat melihat.

7.Melegakan Perasaan
Biasa nya setelah kita menangis perasaan akan Lega,Karena setelah menangis sistem limbik, otak dan jantung akan lancar,dan hal itu akan membuat perasaan menjadi lebih baik dan sangat lega.

8.Membangun Komunitas

Selain baik untuk kesehatan fisik,menangis juga bisa membantu seseorang untuk membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang yang menangis setelah menceritakan masalahnya didepan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi.

Jadi menangislah kawan? bukan dalam artian anda harus menangis setiap hari,tanpa alasan yang tidak jelas.
 menangislah disaat kita ingin menangis, Karena banyak manfaat menangis bagi kesehatan emosional sebagaimana yang dijelaskan tulisan di atas.

Mudah-mudahan artikel di atas bisa bermanfaat bagi kawan semua .

9 Responses to "Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh kita"

  1. saya baru tahu gan ternyata banyak juga ya manfa'at dari kita menangis . . . !
    terima kasih gan sudah berbagi . . . !

    BalasHapus
  2. Selamat Pagiiii
    Ronda di awal pekan ni... Kondisi aman 86 !!
    Wah wah waaah..... ternyata air mata kita ampuh juga ya manfaatnya.. :)

    BalasHapus
  3. kangjava :oke kang,,

    jadi sering-seringlah menangis kang ,,

    hehee

    BalasHapus
  4. berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..
    salam

    BalasHapus
  5. Workshop Bisnis Online :oke sob,, tapi saya mah sob belum suk ses..
    hehee

    BalasHapus
  6. eh, masa iya begitu... =.=a
    prsaan saya klo nangis, ingus kluar deres -.-"

    BalasHapus
  7. @Lea Troubker: ia sih ke banyakan kaya gtu.. hehe

    BalasHapus
  8. ooohhhh jadi nangis bermanfaat jg ya :D ok aku mau nangis dulu ya
    :(

    BalasHapus