5 Danau Paling Unik Hanya di Indonesia

Foto: (Harris Maulana/ACI) Jakarta - Kadang keunikan atau keanehan di sebuah destinasi bisa jadi daya tarik wisata di sana. Seperti 5 danau paling unik ini, menarik rasa penasaran para wisatawan untuk melancong ke sana. Seperti apa saja uniknya?

Mulai dari Danau di Atas dan Danau di Bawah hingga danau yang bisa berubah warna. Disusun detikTravel, Kamis (6/2/2014), inilah 5 danau paling unik di Indonesia:

Foto: (Harris Maulana/ACI)
1. Danau Atas & Danau Bawah, Sumatera Barat
Ada yang unik di Sumatera Barat tepatnya di Kota Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Di sana ada dua danau yang berdekatan, dibedakan oleh tingginya. Dinamakan Danau di Atas dan Danau di Bawah karena letak tingginya berbeda.

Uniknya, Danau di Atas terletak lebih rendah dibanding Danau di Bawah. Danau di Atas berada di ketinggian 1.531 mdpl, sementara dan Danau Di Bawah berada pada ketinggian 1.663 mdpl. Kebanyakan pengunjung langsung menengok Danau di Bawah.

Di sana, traveler bisa naik perahu untuk berkeliling danau atau bersantai di gazebo yang ada di sekitar danau. Tersedia juga warung-warung penjaja oleh-oleh yang bisa diborong wisatawan yang kebetulan melancong ke sana.

Foto: (Mochammad Rizky M/d'Traveler)
2. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur
Satu danau dengan air sangat bersih hadir di Desa Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di sana ada Danau Labuan Cermin yang jernihnya hingga ke dasar. Tanpa harus menyelam, Anda bisa melihat dasarnya karena airnya yang sangat bersih dan jernih.

Keunikan lain dari danau ini adalah airnya yang berbeda. Ada yang air asin dan air tawar. Lebih unik lagi, air tawarnya berada di atas, sedangkan bagian bawah danau berair asin.

Danau ini bukan hanya unik dan cantik dipandang mata, tapi juga asyik untuk dijadikan tempat berenang. Airnya yang segar dan jernih membuat siapapun betah bermain air di sana

Foto: (Shafa/detikTravel)
3. Telaga Warna Dieng, Jawa Tengah
Telaga nan luas dan cantik yang ada di kaki gunung ini bernama Telaga Warna. Telaga yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Jateng, ini punya keunikan bisa berganti warna. Warna kerap berganti dari biru muda, toska, biru tua, hijau hingga kuning.

Ternyata, pergantian warna ini dikarenakan kadar belerang yang ada di sana. Karena itulah, air di telaga ini tidak bisa digunakan untuk berenang. Lagipula, airnya pun berbau.

Pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati pemandangan sambil berjalan santai di sekitar telaga. Atau, berfoto di spot-spot yang cantik. Ada yang berlatar pegunungan, ada pula yang pepohonan cantik
 
Foto: (Sastri/detikTravel)
4. Telaga Biru, Papua
Di Distrik Maima, Jayawijaya, Papua, ada telaga cantik bernama Telaga Biru. Uniknya, bukan warna biru yang menghias airnya, melainkan hijau jernih. Air di telaga ini berwarna hijau toska yang jernih dan tenang.

Keunikan selanjutnya adalah legendanya. Konon, dari dasar telaga inilah Honai (rumah adat khas Papua) muncul. Lagi, menurut legenda, dari telaga ini pula orang pertama di Papua hadir.

Oleh karena itulah, telaga ini dianggap suci sehingga tidak ada orang yang boleh berenang di sini. Jadi, air yang ada di sana tetap indah tanpa tersentuh manusia. Pengunjung yang melihat pun takkan menyesal berjalan menuju telaga ini, terbayar karena keindahannya.

Foto: (maps.google.com)
 
5. Situ Patenggang, Jawa Barat
Situ Patenggang atau disebut juga Situ Patengan di dekat Kawah Putih, Bandung, punya danau dengan pulau yang unik. Di tengah danau, ada Pulau Asmara. Tentu ada alasan tersendiri mengapa dinamakan demikian.

Jika dilihat dari langit, pulau ini memang berbentuk hati. Mitos pun menempel lekat dengan pulau yang berada di tengah danau ini. Di tengah pulau ini terdapat pula Batu Cinta. Mitosnya, pasangan yang datang ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka cinta keduanya akan abadi.

SUMBER : http://travel.detik.com/read/2014/02/06/160246/2489380/1519/ini-dia-5-danau-paling-unik-di-indonesia?v9911011381

0 Response to "5 Danau Paling Unik Hanya di Indonesia"

Posting Komentar