Hasil UN SMP 2012 Jawa Barat | Pengumuman Kelulusan UN SMP/MTs JABAR

Pengumuman Kelulusan UN SMP/MTs JABAR  - Hasil UN SMP 2012 Jawa Barat -  Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dede Hasan memastikan, kelulusan UN tingkat SMP atau MTs di Jawa Barat mencapai 99,8% pencapaian ini tidak jauh dengan tahun-tahun sebelumnya
Prediksi Soal Ujian Nasional SMP 2012 300x194 Prediksi Soal Ujian Nasional SMP 2012
Pengumuman kelulusan UN tingkat SMP/MTs akan diumumkan secara serentak besok, Sabtu (2/6). Saat ini kami belum bisa memastikan secara jelas berapa persen jumlah siswa yang lulus karena masih terus melakukan verifikasi data ke pusat. Karena jika ada satu siswa yang dinyatakan tidak lulus tapi ternyata lulus, tentu akan sangat berpengaruh kepada persentase yang ada,” ujarnya ditemui wartawan di ruang kerjanya, kemarin (31/5).

Meski begitu Dede masih menyebut, 2011 lalu presentasinya 99,8 persen, dan hanya sekitar 0,02 persen yang tidak lulus. "Kamis malam kami masih melakukan rekap dan masih terus mencetak hasilnya. dalam proses penghitungan, sehingga belum ada angka final,” katanya seperti yang di lansir JPNN.com

Dede menjamin bahwa semua sekolah SMP/Mts di jawabarat (kota maupun kabupaten) akan mendapatkan surat kelulusan jum'at 1 Juni 2012 dan akan di bagikan sabtu 2 juni 2012

Lantas bagaimana teknis pengumuman nanti? Dede mengatakan, pengumuman bisa langsung ke sekolah karena dianggap lebih efektif. “Tetapi kami mengimbau melalui pos untuk menghindari perayaan kelulusan yang bisa mengganggu ketertiban umum," katanya.

Dia juga mengatakan, jika pengumuman kelulusan SMP/MTs ini sudah merupakan nilai akhir. Artinya gabungan antara nilai rapor, nilai ujian sekolah, dan nilai UN. "Untuk saat ini, ada lebih dari 100 siswa yang dinyatakan tidak lulus. Tapi itu masih bisa berubah karena masih dalam proses. Indikatornya bisa secara empirik siswa tidak lulus, mutasi sekolah, atau memang karena tidak ikut ujian," sebutnya.

Di Jawa Barat, jumlah peserta UN SMP/MTs 2012 mencapai 668.025 siswa. Mereka berasal dari 6.525 SMP/MTs di seluruh wilayah Jawa Barat. "Dipastikan tidak ada keterlambatan pengumuman. Sebab dari pusat kita sudah koordinasi sejak Rabu, kita proses, dan Kamis malam kita serahkan, sehingga ada waktu satu hari bagi daerah untuk melaksanakan proses pengumuman ke siswa," tuturnya.

Dede menambahkan, bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus pada UN 2012, wajib mengikuti ujian paket B. “Berhubungan wajar dikdas 12 tahun, siswa yang tidak lulus wajib mengikuti ujian paket B yang akan diselenggarakan tahun ini juga,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Sutardi mengatakan, sebaiknya pengumuman dilakukan melalui pos agar tidak terjadi konsentrasi-konsentrasi siswa di sekolah. "Pengumuman via pos bisa meredam aksi konvoi atau hura-hura para siswa setelah menerima pengumuman kelulusan UN," ujarnya.

Dedi juga meminta agar kepala sekolah dan guru lebih jeli memperhatikan siswa yang merayakan kelulusan yang terlalu berlebihan yang menggangu lalu lintas.

Referensi: kucoba.com

0 Response to "Hasil UN SMP 2012 Jawa Barat | Pengumuman Kelulusan UN SMP/MTs JABAR"

Posting Komentar