Ngeri, Kepala Manusia Bisa di Transpalansi


Sergio Canavaro, seorang ahli bedah syaraf mengungkapkan bahwa bisa dilakukan transplansi kepala manusia atau penyambungan kepala dan tubuh: Kepala si A bisa disambungkan dengan tubuh si B. Menurut sergio, hal itu kemungkinan bisa dilakukan.

Transpalansi untuk hewan sudah beberapa kali dilakukan. Pada tahun 1970, seorang ahli bernama Robert White sukse menyambungkan kepala monyet jenis rhesus ke tubuh monyet rhesus lainnya. Para ahli AS juga melakukan hal serupa pada tahun 2001. Namun untuk kasus yang bertama, penyambungan kepala monyet ke tubuh monyet lain itu sukses dalam beberapa jam saja. Pasalnya, setelah penyambungan itu, si monyet mati karena syaraf tulang belakangnya tidak disambungkan. Dengan tekhnologi canggih seperti sekarang, kegagalan yang dilakukan Dr. White tidak mungkin terjadi.

Canevaro menjelaskan, prosedur transpalansi itu sama dengan seperti pada hewan yaitu menidurkan kedua belah pihak yang akan melakukan transpalansi lalu mendinginkan kepala yang mau di transpalansi antara 12-15 derajat Celcius. Setelah itu baru kemudia kepala itu disambungkan.

Namun, penemuan itu ditilak oleh professor Anthony Warrens dari British Transpalation Society dan menganggapnya sebagai tindakan aneh yang horor.

Sumber: VIVAnews

1 Response to "Ngeri, Kepala Manusia Bisa di Transpalansi"